• RSS
  • Facebook
  • Twitter

Welcome To All New altertek.net

Rabu, 28 Desember 2011

Perkembangan Warnet sampai sekarang ini masih sangat tinggi apalagi di pinggiran kota-kota besar di Indonesia, akan tetapi berkurang untuk Kota-Kota besar. Hal ini dikarenakan ekspansi operator selular dengan Modem 3G dan EVDO. Untuk mendirikan sebuah warnet dengan 10 Client minimal harus mengantongi 20 Juta Rupiah itupun belum termasuk lisensi OS. Walaupun pada Umumnya Windows ada paket khusus lisensi untuk Warnet

Namun bagaimana jika kita berwirausaha dengan warnet yang beda dengan yang lainnya dengan biaya yang tentu lebih murah, seperti membuat warnet Linux. Jangan khawatir, sekarang sudah ada distro linux khusus warnet, yakni:

Zencafe 
Zencafe merupakan distro Linux turunan dari Zenwalk yang berorientasi ke Slackware.



Untuk tampilan desktop, Zencafe menggunakan desktop ringan XFCE. Selain menggunakan XFCE, Zencafe pasti mempunyai paket-paket yang dibutuhkan untuk warnet seperti:


  • Gbilling pengganti Billing Explorer
  • Ofris pengganti Deep Freeze
Mungkin anda khawatir apabila customer anda tidak begitu mengerti dengan desktop bawaan Zencafe, ada solusi tema Windows untuk Zencafe. Anda dapat download zencafe di situs resmi mereka disini



Nouvelix
Sebenarnya ada distro dengan nama Nouvelix, distro ini mempunyai desktop KDE, dengan tampilan mirip Windows XP

Namun sayang, perkembangan distro ini dihentikan, bahkan saya sendiri kesulitan untuk mencari file installer dari Nouvelix ini.

0 komentar:

Posting Komentar