• RSS
  • Facebook
  • Twitter

Welcome To All New altertek.net

Minggu, 20 November 2011


Abstraksi 
Web e-ticketing ini ditujukan untuk memudahkan pelanggan untuk memesan tiket kereta api, hanya dengan perangkat komputer/mobile dan jaringan internet semua orang dapat memesan tiket dengan mudah. Prosesnya pun cukup mudah dan tidak merepotkan. Untuk pemesanan tiket yang dibeli, pelanggan dapat membayar dengan cara mentransfer pada bank yang telah ditentukan. Maka tiket yang dibeli  akan diproses dan siap untuk dicetak. Pembuatan aplikasi website yang berbasis e-ticketing ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis datanya. Untuk membangun website diperlukan beberapa tahap yaitu perancangan tampilan website, program website, basis data, dan pengujian website itu sendiri. Aplikasi ini berbasis pelanggan, pembeli di wajibkan untuk login terlebih dahulu.Setelah itu, pembeli dapat memesan tiket sesuai dengan jadwal yang tercantum, apabila pelanggan ingin memesan tiket tersebut maka proses nya semudah menekan tombol “Pesan”

Tampilan Situs E-ticket

Konsep Projek 

Perkembangan pelayanan resevasi setiap perusahaan penyedia jasa angkutan, kini kian cepat dan  canggih. Demikian pula dengan masalah pelayanan pembelian tiket. Karena itulah untuk mengatasi kebutuhan yang ada, kami mengusung e-ticketing untuk diimplementasikan kedalam sistem penjualan dan reservasi tiket PT Kereta Api.


Pengertian E-ticketing 
E-ticket adalah salah satu bentuk pelayanan jasa dalam melayani calon penumpang untuk menggunakan jasa kereta api dengan cepat dan akurat. Bentuk e-ticket sangat sederhana.

Apabila dibandingkan dengan tiket biasa, karena merupakan hasil transaksi digital berbentuk form sederhana yang sudah diakui secara nasional dan internasional keabsahannya.


Kelebihan E-ticketing 
Selain mudah dan ringkas dalam pemrosesannya, data hasil transasksi juga tercatat dalam data elektronik dipusat perusahaan penyedia jasa. E-ticketing juga meminimalisir pengeluaran penyedia jasa, karena tiket tidak serta merta harus disediakan. Jika calon penumpang kehilangan tiketnya, maka tiket dapat dengan mudah dicetak kembali dengan menggunakan data digital yang ada pada pengguna maupun penyedia jasa.

Adapun ruang lingkup dari sistem yang dibuat yaitu: 
  Fasilitas bagi pelanggan untuk melihat informasi yang berhubungan dengan dirinya, yang meliputi:
a.  Data pelanggan : id_pelanggan,no ktp ,  nama, tempat lahir, tanggal lahir,
jenis kelamin, alamat,  nomor telepon.
b.  Data Tiket : id_kereta, no tiket, tanggal dan waktu keberangkatan serta estimasi waktu perjalanan.
 Fasilitas bagi Operator/Administrator untuk menginput, mengedit dan menghapus data.
  Sistem ini ditujukan bagi penyedia layanan penjualan tiket kereta.
 Aplikasi  yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySql, serta desain interface dengan menggunakan Adobe Dreamweaver Creative Suite 3 Build 3481.
  Menggunakan sistem Server Side Scripting.


Dalam pengoperasionalan web e-ticketing ini, terdapat tiga kategori user dengan masing-masing karakteristik yakni:
1.  Administrator (FULL ACCESS)
2.  Operator/Costumer Service/Cashier  (Exchange Transaction)
3.  Normal User (By Register, Request, Print Out)

Alur Pembelian Ticket: 
Contoh tiket:
Screenshot Halaman User:

Tracking tiket

Lihat jadwal

Halaman User
Screenshot halaman Admin:
admin login

Edit Tiket

 Screenshot halaman Operator/Kasir Tiket:

Pengaturan Kursi

Kasir Login

Tertarik Untuk mencobanya?
Saya persilahkan bagi yang sedang mengerjakan tugas web dinamis tentang e-ticket di ubah codingnya, di modif semedikian rupa, akan tetapi pada referensi tugas anda sertakan http://alterbleketek.blogspot.com.


Kebetulan saya membuatnya dengan Dreamweaver CS3, sepenuhnya dengan PHP, HTML, ditambah beberapa java script. Database menggunakan Mysql.




Selamat Mencoba



4 komentar:

  1. postingannya mantab.. tapi masih banyak errornya..

    BalasHapus
  2. mo tanya kalo e-ticket yg pesawat terbang ... di kolom org biasanya cek2 jadwal penerbangan tuh databasenya diambil dr mana ya? contoh: http://lionair.co.id/Default.aspx (lihat dikiri atas webnya)

    Terima Kasih jika sudi menjawab :)

    BalasHapus
  3. mau tanya kalo pas di import ke database kereta kok disitu error yaa ?
    tepatnya di admin tulisannya duplicate primary key .

    BalasHapus